Solusi atasi masalah device Xiaomi yang terkunci setelah melakukan fastboot

  • 2 min read
  • Jan 26, 2017

Memang pada kenyataannya metode fastboot yang di terapkan pada jajaran device Xiaomi harus di lakukan dengan hati-hati, kalau tidak maka masalah besar mungkin akan datang menyambangi device kalian, juga selain itu sebelum melakukan fastboot ada baiknya kalian mencari referensi terlebih dahulu terkait, apa saja kemungkinan hal yang terjadi jika device Xiaomi gagal atau terjadi masalah setelah selesai melakukan fastboot, dengan demikian untuk memecahkan masalah tersebut kalian sudah siap dan tahu solusinya, seperti hal berikut ini.

Umumnya kejadian seperti ini memang jarang terjadi pada device Xiaomi, namun nyatanya kasus seperti ini memang ada, dan khusus untuk masalah ini saya sendiri yang mengalaminya, kronologinya adalah saya melakukan flashing dengan mode EDL pada device Xiaomi Redmi 3S, lalu tidak seperti biasanya saya mengerjakan flashing banyak device Xiaomi sebelumnya, pada device ini muncul sebuah kotak bertuliskan “untuk memulai Android, masukan sandi”, seketika itu juga saya menjadi bingung sendiri.

Sebelum itu saya akan memperjelas kasus ini dan mengapa dapat terjadi, lalu setelah itu kita akan masuk dalam cara mengatasinya, dari kasus yang terjadi tersebut, kemungkinan besar hanya terjadi pada kondisi flash dalam keadaan mode EDL saja, karena selama pengalaman saya sendiri, juga dari sumber referensi lain, tidak di temukan kasus seperti ini, karena pada kenyataannya kasus seperti ini memang sangat jarang terjadi.

Dari yang sudah saya amati, ternyata pokok permasalahan ini muncul akibat dari salah satu script flash, pada aplikasi Mi Flash Tool, dan script itu antara lain adalah script flash_all.bat, lalu apakah masalah ini akan berdampak buruk pada device kalian? lalu apakah device kalian akan selamannya terkunci? jawabannya tidak!.

Dan tidak dapat di pungkiri bagi mereka yang pertama kali menghadapi kasus seperti di pastikan akan kebingungan, karena mungkin saja telah memasukan banyak sandi yang di ingat dan mungkin di terapkan, juga akan lebih bingung ketika masalah ini muncul, tetapi tidak pernah merasa memasang sandi khusus sebelumnya, lalu bagaimana pemecahan masalahnya?

Sangat simpel ternyata pemecahan masalahnya, yaitu adalah kalian masukan saja sandi dengan percobaan sebanyak 15 kali, mau itu benar atau salah pokoknya kalian masukan saja terus, sehingga hasil akhirnya device kalian akan booting dengan sendirinya ke homescree, dan di pastikan kalian akan heran sendiri, mengapa demikian, saya juga kurang tau, karena saya juga heran dengan masalah seperti ini.

Dengan demikian masalah seperti ini memang menakutkan awalnya, karena normalnya jika kita lupa atau tidak tau password pada device tersebut, maka selamanya device tersebut tidak akan bisa di buka, juga parahnya jika kalian menghadapi masalah seperti ini, maka device kalian di pastikan tidak akan bisa masuk mode EDL dengan cara apapun, dan kondisi ini akan lebih parah jika device kalian masih dalam kondisi locked bootloader, namun ternyata solusinya begitu mudah, lebih mudah dari ngupil di depan rumah.
Sumber https://www.dadroidrd.com/