Pentingnya Search Engine Optimization (SEO) Untuk Produk dan Jasa

  • 2 min read
  • Jul 24, 2021

Bhutannica.org – Tiap perusahaan pasti ingin produk atau jasanya jadi pilihan pertama pada Search Engine ketika calon konsumen cari hal yang berhubungan dengan produk atau jasa tersebut. Bila produk atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan muncul pada pilihan pertama tentu saja akan meningkatkan peluang calon konsumen akan pilih produk atau jasa tersebut kan?

Disitulah ada istilah Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Optimization adalah strategi atau taktik yang dipakai agar Search Engine menampilkan konten yang anda miliki jadi pilihan pertama pada pencarian.

Sebagai contoh yang mudah, perusahaan MABA sediakan jasa design web dan ada calon konsumen yang ingin cari desainer website. Dengan memakai SEO saat calon pelanggan cari desainer web maka website perusahaan MABA yang akan tampil pada tiap pencarian yang sudah dilakukan dalam Search Engine.

Menurut data dari Net Market Share (2019), 75% orang lakukan pencarian lewat Google Search Engine dan data dari Zero Limit Web (2019) memperlihatkan jika 67% 5 pilihan pertama yang ada pada Search Engine memperoleh klik. Bisa diambil kesimpulan dari data di atas jika SEO adalah hal yang sangat penting dalam marketing sebuah produk atau jasa.

Manfaat apa saja yang didapatkan dari SEO?

  1. SEO memberikan trafik yang berkualitas
    Alasannya adalah karena orang yang lakukan pencarian dalam Search Engine adalah orang yang cari solusi atas persoalan yang mereka miliki dan tentu saja akan tertarik, bila perusahaan menawarkan solusi atas apa yang mereka cari.
  2. SEO tingkatkan penjualan produk atau jasa
    Bila produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan ada pada tiap pencarian di Search Engine dengan keyword yang berkaitan, pastinya produk atau jasa itu akan meningkat penjualannya.
  3. SEO bisa kurangi Customer Acquisition Cost (CAC)
    Salah satu kelebihan SEO adalah bisa dikerjakan secara gratis jika mempunyai pengalaman dan kemampuan sendiri. Seumpama perusahaan tidak mempunyai pengalaman atau kemampuan untuk melakukan SEO, pengeluaran dengan beli jasa dari perusahaan SEO tentu akan lebih kecil dibanding dengan lakukan promosi atau diskon untuk menarik pelanggan baru.
  4. SEO bisa diukur
    SEO bisa mengukur efek atau hasil yang diberikan kepada produk atau jasa yang anda miliki. Dengan SEO anda bisa mengetahui keyword mana yang paling memberinya manfaat ke perusahaan anda dan keyword apa yang tidak begitu efektif dalam Search Engine
  5. SEO adalah asset yang penting
    Saat perusahaan anda sudah memiliki rangking SEO yang tinggi, karenanya menjadi asset yang perlu untuk perusahaan karena SEO memberikan dampak yang besar dan berkelanjutan untuk penjualan sebuah produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan.

Setelah melihat uraian manfaat yang diperoleh dengan SEO, nampaknya perusahaan yang memiliki Website dalam penjualan produk atau jasanya perlu untuk memulai mengaplikasikan SEO pada website mereka masing-masing. Dengan manfaat sebanyak itu tentu saja perusahaan tidak mau melewati peluang untuk tingkatkan penjualan dan pemasaran kan?