Pengalaman Tes Seleksi Rekrutmen PCPM di Bank Indonesia

Saat ini kami akan membahas tentang pengalaman mengikuti tes seleksi PCPM di Bank Indonesia. Tentunya suatu kebanggan apabila bergabung di sebuah Bank Indonesia merupakan salah satu Lembaga Negara Independen yang mempunyai peran penting dalam pergerakan ekonomi di Indonesia melalui otoritas moneter untuk menjaga kestabilan nilai rupiah melalui stabilitas sistem keuangan, moneter, dan sistem pembayaran.

Tentang program rekrutmen jalur PCPM BI. PCPM adalah Program Pendidikan Calon Pegawai sejajar dengan Asisten Manajer di Bank Indonesia, PCPM salah satu jalur percepatan karir untuk menjadi bagian dari Bank Indonesia. Program PCPM ini dilaksanakan tidak tetap, pembukaan rekrutmen ini tergantung kebutuhan dari pihak Bank Indonesia, sehingga harus dipersiapkan sebaik mungkin untuk mengikuti program PCPM Bank Indonesia.

Dalam proses rekrutmen ini ada beberapa jalur yang diterima antara lain jalur umum diperuntukan Perguruan Tinggi dalam negeri dan luar negeri, jalur Campus Hiring dan jalur LPDP.

Beberapa lulusan Sarajana (S1) / Pasca Sarjana (S2) yang diterima dengan jurusan, antara lain: Statistika, Matematika, Teknik Industri, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Ilmu Ekonomi/Studi Pembagunan, Ekonomi Syariah/Islam, Akutansi, Manajemen./Bisnis, Keuangan, Agribisnis, Ilmu Hukum, Almu Administrasi (Niaga/Bisnis/Fiskal).

Beberapa tes seleksi yang akan dilalui untuk seleksi PCPM BI:

  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Potensi Dasar dan Person Organization Fit
  3. Tes Pengetahuan Umum, Tes Pengetahuan Kebanksentralan, dan Tes Bahasa Inggris
  4. Tes Psikologi, Leaderless Group Discussion dan Wawancara Psikologi
  5. Tes Kesehatan dan Tes Psikiarti
  6. Wawancara Akhir
  7. Leadership Forum
  8. Hasil Akhir

Berikut pengalaman lebih detail tentang perjalanan mengikuti tes seleksi di PCPM Bank Indonesia

1. Seleksi Administrasi

Tahapan seleksi adminstrasi diakukan secara online malalui website yang sudah disediakan. Anda akan diarahkan untuk melengkapi data diri, pengalaman kuliah kerja, dan beberapa form terkait dengan motivasi diri, kelebihan dan kekurangan, serta pas photo sesuai dengan format, ijazah dan transkip nilai.

Tahapan ini mungkin sepertinya mudah, namun perlu diperhatikan bahwa tahapan ini sebagai penentu apakah Anda layak atau tidak untuk bergabung di Bank Inonesia.

TIPS: Untuk mengisi form yang disediakan perlu diperhatikan format yang sudah ditentukan serta perhatikan deadline pengumpulan atau upload berkas, pastikan Anda selalu cek kelengkapan berkas sebelum melakukan upload atau proses finalisasi.

2. Tes Potensi Dasar dan Person Organization Fit

Tahapan ini adalah tahap awal dalam proses seleksi PCPM BI, Anda akan diarahkan untuk mengerjakan soal-soal yang berdurasi selama 2 Jam. Adapun jenis-jenis soal-soal yang akan dikerjakan antara lain: hafalan bangun, deret, keterkaitan kata, ketelitian angka, analogi, silogisme, missing picture, kesimpulan, dan sebagainya. Mungkin jika Anda sudah terlatih mengerjakan soal-soal tersebut, akan mudah dan hanya membutuhkan waktu sedikit.

TIPS: Perbanyak latihan soal-soal yang bertipe seperti hafalan bangun, deret, keterkaitan kata, ketelitian angka, analogi, silogisme, missing picture, dan kesimpulan. Sebelum Anda mengerjakan tes tersebut, usahakan istirahat yang cukup dan sarapan terlebih dahulu, kerjakan semampu Anda dan usahakan jangan ada yang kosong, Jangan berfokus pada soal yang membutuhkan waktu lama, alangkah baiknya mengerjakan soal selanjutnya apabila tidak bisa mengerjakan soal tersebut.

3. Tes Pengetahuan Umum, Tes Pengetahuan Kebanksentralan, dan Tes Bahasa Inggris

Tahapan ini adalah tahap tes pengetahuan, serta kebanksentralan, dan tes bahasa inggris setara seperti TOEFL. Tahapan ini dilakukan selama 1 hari dalam waktu kurang lebih 4 jam, sehingga Anda harus membutuhkan tubuh yang fit dan stamina yang kuat.

Tes pengetahuan mengarah ke soal-soal isu terkait ekonomi terkini antara lain inflansi, negara yang sedang terkena isu ekonomu, dan target pertumbuhan ekonomi. Tes pengetahuan kebanksentralan mengarah ke soal-soal yang berkaitan dengan Bank Indonesia seperti halnya yang paling mudah misalnya nama pahlawan uang kertas, namun materi tersebut bisa Anda dapatkan di halaman website Bank Indonesia. Sedangkan untuk tes bahasa inggris ini hampir mirip seprti halnya tes TOEFL, jika Anda terbiasa latihan mengerjakan tes TOEFL seperti Listening Comprenhension, Written Expression, Reading, Comprehension, dan Grammar Structure. Terkait hasil dari tes ini tidak dapat langsung di tampilkan, jadi Anda tidak bisa menebak batas minimal nilai yang bisa lolos ke tahap selanjutnya.

TIPS: Istirahatlah yang cukup agar stamina Anda tetap kuat dan sarapan terlebih dahulu sebelum Anda mengerjakan tes, perbanyak membaca website Bank Indonesia dan nonton video streaming Bank Indonesia, perbanyak juga baca berita terkait isu ekonomi Indonesia saat ini dan Global setidaknya 5 tahun terakhir, baca undang-undang Bank Indonesia dan UUD yang berkaitan dengan Bank Indonesia, pahami nama-nama pahlawan yang terdapat pada mata uang, perbanyak membaca soal bahasa inggris atau latihan soal TOEFl, jika diperlukan ikut tes TOEFL sebelum tes seleksi diselenggarakan.

4. Tes Psikologi, Leaderless Group Discussion dan Wawancara Psikologi

Tahapan ini merupakan tahapan yang membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dari sebelumnya. Tahapan ini terdiri dari beberapa bagian antara lain Tes Psikologi, Leaderless Group Discussion, dan Wawancara Psikologi.

Tahapan tes psikologi, terdiri dari beberapa tes, seperti:

1. Tes EPPS

Tes ini memiliki soal 225 pertanyaan, dimana Anda diwajibkan memilih salah satu diantaranya yang paling sesuai atau mendekati dengan kepribadian yang Anda miliki.

TIPS: Kerjakan apa yang sama dengan kepribadian Anda, alangkah baiknya jangan diulang-ulang dalam membaca 1 soal, hal ini bisa berpengaruh pada hasil jawaban yang Anda Ubah.

2. Tes Pauli/Tes Koran

Tes ini bisa dikatakan mudah hanya menjumlahkan 2 angka yang berdekatan dari bawah ke atas secara vertikal, kemudian menuliskan angka di belakangnya dari hasil penjumlahan bilangan angka tersebut.

TIPS: Sering-seringlah berlatih soal tes pauli/tes koran untuk melatih fokus Anda, alangkah baiknya Anda harus konsisten dari awal hinggga akhir jangan habiskan waktu Anda untuk berpikir lama karena hal ini bisa menganggu konsentrasi Anda.

3. Tes DAW ( Draw a Man)

Tes ini Anda akan disuruh menggambar orang menggunakan pensil dan Anda tidak diperbolehkan menghapus gambar Anda dengan penghapus, kemudian pada lembar kertas dibaliknya diberi nama, umur, dan aktivitas dari orang yang sedang kita gambar.

TIPS: Gambarlah sesuai dengan impian dan cita-cita Anda yang sesuai dengan realitas. Gambar tidak perlu bagus, namun yang perlu diperhatikan gambar harus lengkap, jika kita disuruh gambar orang pasti harus punya badan, kepala, tangan, jari, kaki, dan sebagainya.

4. Gambar Pohon (BAUM Test)

Anda disuruh menggambarkan sebuah pohon yang berbuah, berakar, berbatang, tidak boleh menggambar seperti pohon mahoni, jagung, dsb. Serta jangan lupa, sertakan nama pohon tersebut.

TIPS: Gambarlah pohon dengan jelas sertakan dengan lengkap bagian pohon seperti daun, batang, buah, dan sebagainya.

Tahapan selanjutnya Wawancara Psikologi, tahapan ini akan di tanya seputar CV Anda seperti kegiatan organisasi selama kuliah, alasan Anda untuk bergabung di Bank Indonesia, dan masih banyak lagi seputar pengalaman-pengalaman sebelumnya.

TIPS: Pastikan Anda menjawab dengan jujur apa adanya karena saat wawancara tidak ada jawaban salah atau benar. Oleh sebab itu pewawancara hanya ingin mengetahui kepribadian Anda lebih dalam.

Tahapan selanjutnya LGD (Leaderless Group Disccussion) semua peserta akan di bagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok bisa mencapai 6-8 orang. Setiap kelompok di awasi oleh setidaknya 3 orang untuk mengamati jalanyanya LGD. LGD ini tidak memiliki moderator yang harus diikuti, oleh sebab itu setiap peserta mempunyai kesempatan yang sama.

TIPS:

  1. Jangan memotongan lawan bicara saat sesorang dalam kelompok sedang berpendapat atau berbicara
  2. Sampaikan pendapat atau ide Anda dengan sopan, jika Anda kurang setuju dengan pendapat atu ide orang lain, alangkah baiknya menghargai pendapat tersebut.
  3. Jangan memaksakan pendapat Anda, apabila yang disampaikan Anda tidak diterima atau di tolak.
  4. Dalam LGD ini tidak ada pendapat yang salah atau benar, pastikan Anda berpendapat sekreatif mungkin disaat semua orang mempunyai jawaban yang sama, sehingga Anda memiliki added value karena Anda memiliki pendapat yang berbeda dalam topik yang masih berhubungan.
  5. Jangan terlalu domianan dan juga jangan terlalu pasif dalam mengutarakan pendapat, berikan pendapat atau ide seperlunya. Jangan berfokus untuk terlihat aktif, yang paling utama itu menyampaikan pendapat dari solusi permasalah tersebut.
  6. Jangan bertele-tele dalam menyampaikan pendapat, kasih penjelasan yang jelas dan to the point.

5. Tes Kesehatan dan Psikiatri

Pada tahapan ini nantinya akan diperksi kondisi kesehatanya mulai dari tes mata, tes urin, tes paru-paru, tes darah, EKG, tensi, dan pemeriksaan bagian dokter umum.

TIPS: Sebelum melakukan tes alangkah baiknya melakukan olahraga yang ringan-ringan, minum susu, serta sayuran dan buah-buahan, makanlah yang mempunyai banyak kandungan gizi, hindari makanan junkfood.

6. Seleksi Wawancara Akhir

Tahapan ini merupakan tahapan akhir yaitu penentu apakah Anda diterima atau ditolak. Tahapan wawancara akhir ini dilakukan oleh 3 pejabat Bank Indonesia. Wawancara ini berlangsung santai namun tetap profesional, sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan dengan nyaman. Pertanyaan dari interviewer seputar diri Anda, prestasi, perkuliahan, organisasi, tugas akhir (skripsi/tesis), dan motivasi Anda, serta terkait dengan materi sesuai dengan jurusan Anda. Adapun pertanyaan tentang kepemimpinan dan pengambilan keputusan tentang pendapat Anda terhadap kasus yang diberikan. Namun, pertanyaan-pertanyaan dalam interview ini tidak bisa jadi patokan, karena setiap orang berbeda-beda pengalaman dan pertanyaanya juga. Oleh karena itu, persiapkan dengan baik untuk sesi wawancara akhir ini.

TIPS:

  • Pelajari materi tentang Bank Indonesia minimal terkait dengan jurusan Anda
  • Jawablah pertanyaan dengan jujur, jika pertanyaan tersebut tidak bisa Anda jawab maka jawablah belum tahu, jangan memaksakan jawaban apabila kita memang tidak tahu, karena bagaimana pun pewawancara lebih paham.
  • Istirahatlah yang cukup dan sarapan terlebih dahulu sebelum melakukan wawancara, sehingga tubuh Anda tetap terjaga, karena tahapan ini bisa memakan waktu lama
  • Jangan lupa berdoa dan meminta restu dari orang tua agar di beri kelancaran dalam proses seleksi ini

Akhirnya setelah menunggu tahap demi tahap, hingga tibalah pengumuman akhir yang sudah ditunggu sekitar 1 bulan lebih. Usaha serta kerja keras yang Anda lakukan dengan baik dan maksimal, membuahkan hasil Lolos sebagai salah satu peserta PCPM Bank Indonesia. Apapun hasilnya yakin itu pasti hasil yang terbaik.

Mudah-mudahan pengalaman ini bisa memberikan sedikit gambaran terkait seleksi PCPM Bank Indonesia. Jadi demikianlah perjalanan tes seleksi PCPM di Bank Indonesia. Jika ada pertanyaan tentang pengalaman seleksi lainnya atau Anda ingin menulis cerita Anda di blog kami, harap hubungi kami di info@bhutannica.org

Informasi Lainnya

error: