Pengalaman Tes Seleksi Program CHiP di BTPN

Haloo teman-teman yang sedang berencana maupun yang sedang mengikuti proses seleksi Creative Hacknology Intensive Program (CHiP) di BTPN. Disni akan membagikan pengalaman tentang proses seleksi di BTPN sebagai calon karyawan akselerasi, dengan mengikuti seleksi Creative Hacknology Intensive Program (CHiP).

Tentu dalam proses seleksi, pasti ada beberapa tahapan yang wajib dilalui, seperti halnya di program Creative Hacknology Intensive Program (CHiP), sebagai berikut:

  1. CV Screening,
  2. Online Coding Test,
  3. Online/On Site Tech & HR Interview,
  4. Medical Checkup,
  5. Offering.

Berikut pengalaman lebih detail tentang perjalanan mengikuti Creative Hacknology Intensive Program (CHiP) Bank BTPN

CV Screening

Tentu Anda harus melakukan submit CV terbaru ke website yang sudah disediakan oleh BTPN. Ada beberapa proses yang mungkin bisa menjadi peluang besar untuk lolos di tahap CV Screening, sebagai berikut:

  1. Refrensi / Rekomendasi dari teman-teman program CHiP sebelumnya,
  2. Melalui Job portal seperti Jobstreet / Kalibrr,
  3. Melalui website resmi BTPN.

Referensi teman maupun karyawan yang sudah mengikuti program yang sama bisa menjadi peluang besar, namun perlu diketahui jika kita mempunyai refrensi dari teman bukaan berarti bisa lolos 100% dalam CV Screening. Referal dari teman atau karyawan itu sebuah rekomendasi, tentu tidak semua refrensi adalah pilihan yang terbaik.

Kembali lagi yang bisa menentukan lolos untuk tahap CV Screening adalah Curriculum Vitae harus detail, straightforward, serta dapat menunjukan skill dan kemampuan yang Anda miliki. Jika nanti Bank BTPN tertarik dengan CV Anda, maka nanti salah satu rekruter dari Bank BTPN akan menghubungi Anda untuk memberitahukan tentang tahapan selanjutnya yang nanti Anda lalui. Jangan lupa mencantumkan Nomor Handphone Anda serta Email Anda yang bisa dihubungi oleh pihak Bank BTPN.

Online Coding Test

Pada tahapan online test ini melalui Hackerank dan Anda dikasih waktu 3 hari untuk menyelesaikan test tersebut. Perlu Anda ketahui Jangan buka link Hackerank jika Anda belum siap mengerjakan test tersebut. Kurang lebih Anda bisa mengerjakan test tersebut dalam waktu 2 Jam, jadi pastikan Anda siap untuk mengerjakan soal tersebut, kemudian Anda bisa klik link tersebut.

Soalanya sebeneranya masih basic, namun jika Anda belum familiar dengan program Java mungkin bisa menjadi kendala. Soal yang diberikan apakah ada yang sama itu tidak jaminan, tapi Anda bisa mempelajarinya seputar program Java.

Kita tidak tahu berapa nilai supaya lolos tahap Online Coding Test ini, namun beberapa kandidat ada yang bisa menyelesaikan 1 soal dengan benar namun sisanya di submit seadanya, dan ternyata bisa lolos pada tahapan ini. Tips: tetap kerjakan semua test dan submit seadanya.

Kalo lolos untuh tahap selanjutnya, nanti akan diinformasikan ke tahp selanjutnya interview tech dan HR.

Online / On Site Tech & HR Interview

Ini bisa jadi pilihan interview untuk Anda di BTPN, jika Anda tidak bisa datang ke kantor secara langsung Anda dapat melakukan proses interview secara online biasanya melalui aplikasi zoom sebagai medianya, atau jika kamu tidak bisa datang Anda bisa negosiasi untuk melakukan interview melalui telefon apabila tidak bisa melakukan cuti jika kamu sudah ngantor.

Proses Tech & HR interview dilakukan secara bersamaan, proses interview ini dilakukan oleh tiga orang antara lain: Lead / Tech Lead, Talent Head, dan Trainer. Jika Anda mendapatkan interviewer Tech Lead, mungkin menjadi keberutungan tanpa mempresentasikan studi kasus Anda, namun apablia Anda mendapatkan interviewer Tech Head kemungkinan besar Anda harus bisa mepresentasikan studi kasus Anda melalui email. Perlu diketahui, Anda sebaikanya berjaga-jaga melakukan presentasi dalam bahasa inggris, sebab tidak semua Head di BTPN adalah orang Indonesia.

Technical Interview ini seperti live coding secara langsung, Anda akan diberikan soal untuk membuat solusinya dalam waktu sekitar 15 menit. Anda dapat menyelesaikan soal tersebut dengan bahasa pemrograman yang Anda pahami, bahkan Anda juga bisa menyelesaikan soal tersebut dengan pseudocode. Setelah Anda menyelesaikan soal tersebut, Anda akan ditanya tentang logika serta alur pikir untuk menyelesaikan soal tersebut.

Jika Anda dapat menyelesaikan soal tersebut dan menjawab petanyaan dari penguji dengan baik, maka Anda berkesempatan menuju tahapan berikutnya yaitu interview HR. Jika Anda belum sempurna dalam menyelesaikan soal tersebut, Anda akan diberi satu pertanyaan lagi kemudian diberi waktu 15 menit untuk memberikan solusinya, selanjutnya akan diberi pertanyaan. Ketika ditanya Anda belum bisa menjawab, saran sebaiknya Anda mempersiapkan alternatif untuk dari solusi tersebut.

HR Interview sama seperti interview pada umumnya, Anda akan ditanya tentang diri Anda yang tercantum di CV. Pertanyaan interview umumnya terkait dengan problem solving, learning, process, aktivitas sehari-hari, serta kegiatan Anda di kampus / kantor, dan yang paling utama kemampuan komunikasi Anda dalam menjabarkan skill dan kemampuan Anda terhadap panelis. Saran alangkah baiknya Anda harus mempersiapkan untuk belajar bluffing yang meyakinkan dan bijak.

Anda akan dihubungi kembali maksimal 2 minggu setelah melakukan interview langsung. Pengalaman, kalo Anda tidak dihubungi lagi lebih dari 3 hari, kemungkinan Anda belum lolos untuk tahapan ini.

Jika Anda lolos ke tahapan selanjutnya, Anda akan dihubungi melalui telefon untuk memberikan detail informasi tentang benefit dan program yang nantinya Anda lakukan di program CHiP, pastikan Anda membawa kertas dan pena untuk mencatat penawaran, karena penawaran ini tidak dikirim melalui email.

Medical Checkup

Jika Anda lolos ke tahap interview, Anda akan melanjutkan tahap selanjutnya yaitu medical checkup di klinik yang sudah ditunjuk oleh BTPN. Proses checkup kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit, tegantung klinik yang ditunjuk.

Setelah melakukan medical checkup, dan menunggu hasil medical checkup kurang lebih 3 hari, Anda akan di telefon oleh rekruter mengenai hasil medical checkup. Jika hasilnya baik / tidak ada maslah, Anda akan melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu penandatanganan offering letter.

Offering letter

Anda akan bertemu dengan team yang lolos seleksi program CHiP ini, kemudian Anda akan di berikan kertas yang berisi pasal-pasal kewajiban dan hak, jika Anda setuju dengan ketentuan tersebut maka Anda bisa melakukan tanda tangan. Yang perlu Anda catat pada tahapan ini antara lain:

  1. Jangka waktu pelaksanaan program dan kewajiban yang Anda perlu lengkapi ketika Anda diterima di program CHiP,
  2. Sistem gugur di dalam program,
  3. Benefit yang harus Anda dapatkan.

Anda juga bisa melakukan foto pada hak dan kewajiban, yang Anda dapatkan serta kewajiban yang harus Anda penuhi.

Semoga pengalaman ini bisa menjadikan referensi terkait proses seleksi Creative Hacknology Intensive Program (CHiP) di Bank BTPN. Jadi demikianlah perjalanan tes seleksi Creative Hacknology Intensive Program (CHiP) di Bank BTPN. Jika ada pertanyaan tentang pengalaman seleksi lainnya atau Anda ingin menulis cerita pengalaman Anda di BHUTANNICA.org, harap hubungi kami di info@bhutannica.org

 

Informasi Lainnya

error: