Pengalaman Tes Seleksi MDP di PT PAN Brothers Tbk

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan pengalaman mengikuti tes seleksi di PT PAN Brothers Tbk.

PT PAN Brother’s adalah perusahaan yang bergerak di bidang garmen, merupakan perusahaan tekstil terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi baju, celana, jaket dan merk yang tidak asing lagi bagi Anda yang menyukai fashion maupun merk terkenal antara lain nike, adidas, uniqlo, dll. Perusahaan ini mempunyai banyak pelanggan dari luar negeri yang berdatangan setiap minggunya, karena produk ini full eksport.

Disini akan menceritakan pengalaman untuk mengikuti seleksi program MDP (Management Development Program) program ini berbeda dengan program rekrutmen reguler, Perbedaannya adalah jika kita mengikuti seleksi rekrutmen reguler, maka nantinya akan menjadikan staff biasa dan untuk tahapan seleksinya pun lebih singkat dari program MDP.

Sedangkan MDP adalah perisiapan untuk menjadikan seorang pemimpin di perusahaan tersebut melalui program training dan akan di kontrak selama 2,5 tahun untuk mengikuti training tersebut. Setelah selesai melakukan training, maka akan langsung menjabat sebagi supervisor atau bisa juga lebih tinggi lagi jabatanya tergantung hasil penilaian selama training tersebut. Namun mengikuti program MDP ini seleksinya lebih panjang dan kompleks.

Secara umum, inilah tahapan mengikuti selsi MDP yang dilalui:

  1. Mengirimkan berkas lamarang lengkap melalui email
  2. Psikotest
  3. Psikotest Lanjutan + FGD (Focus Group Discussion)
  4. Public Interview + Interview 1 vs 4
  5. Pengumuman (Briefing MDP)

Berikut perjanan lebih detail tentang perjalanan mengikuti tes seleksi di PT PAN Brothers Tbk

1. Mengirimkan Berkas lamaran melalui Email

Sebagai jobseeker pasti selalu memantau protal website tentang lowongan kerja untuk mendapatkan informasi lowongan kerja baru, kemudian jika cocok dengan skill yang kita punya pasti akan mengirmkan berkas lamaran kita, bisa melalui email atau website pada perusahaan.

Pada kesempatan kali ini, melamar untuk posisi MDP di PT PAN Brothers melalui email perusahaan, yang terpenting berkas lamaran yang Anda kirim sesuai dengan kualifikasi yang di butuhkan perusahaan, supaya nantinya bisa mendapatkan peluang lebih besar untuk lolos tahapan ini. Penting diperhatikan juga CV (Curriculum Vitae), Portfolio, dan berkas lainnya agar dipersiapkan lebih baik.

2. Psikotest

Selang 1 hari atau bahakan bisa 2 minggu tergantung kebijakan perusahaan, Jika Anda lolos maka akan mendapatkan konfirmasi dari email pemberitahuan bahwa Anda lolos melanjutkan tahap selanjutnya yaitu mengikuti Psikotest di PT PAN Brothers Tbk & Group. Pastikan Anda menghitung jarak posisi Anda ke PT PAN Brothers Tbk, untuk meminimalisir terjadinya macet atau hal yang lain.

Setelah sampai di PT PAN Brothers Tbk, hendaknya menemui satpam untuk menunjukan lokasi test, biasanya nanti diarahkan untuk mengisi buku tamu, serta menyerahkan identitas KTP untuk mendapatkan ID Card supaya bisa masuk kedalam kawasan perusahaan.

Tiba di kantor-nya nanti bertemu dengan stapam untuk mengisi buku tamu kembali, kemudian diarahkan oleh satpam ke receptionist untuk menanyakan ruang test psikotest berlangsung.

Psikotest pertama mengisi tentang kepribadian Anda dan beberapa kemampuan dasar, test pauli/kraepelin (tes koran). Setelah mengikuti rangkaian tersebut Anda akan dipanggil untuk dinterview sebelum memulai psikotest sama seperti peserta lain, interview tersebut menanyakan tentang kesiapan Anda melamar MDP, latar belakang Anda, Organisasi atau kegiatan yang pernah Anda lakukan, serta kemampuan berbicara menggunakan bahasa inggris dan sebagainya.

Setelah selesai melakukan tahapan interview tersebut, jika Anda lolos nanti Akan dipanggil untuk mengikuti psikotest selanjutnya.

Psikotes lanjutan ini kelanjutan dari psikotes sebelumnya, Anda akan dihadapkan soal tentang permasalahan pada perusahaan untuk diselesaikan kemudian tuliskan di selembar kertas yang sudah disediakan. Setelah Anda menyelesaikan soal tersebut Anda akan di bagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang permasalahan tersebut, untuk menarik kesimpulan permasalahan tersebut agar bisa di terapkan di perusahaan. Ini adalah sesi FGD (Focus Group Discussion) sesi FGD ini berdurasi kurang lebih 30 menit. Jika pada sesi FGD ini selesai nanti akan di panggil siapa yang belum lolos ke tahap ini.

Setalah Anda dinyatakan lolos di tahap FGD (Focus Group Discussion) Anda akan di arahkan untuk mengerjakan soal tes kemampuan verbal, tes logika aritmatika (deret angka), tes logika matematika, tes logika penalaran, tes hafalan kata, dan sebagainya. Jika Anda selesai mengerjakan tahapan psikotest ini, Anda diperbolehkan pulang untuk menunggu hasil psikotestnya, apakah Anda lanjut ke tahap berikutnya atau tidak.

3. Public Interview dan indepth Interview

Selang 2 minggu tergantung kebijakan perusahaan, Jika Anda lolos maka akan mendapatkan konfirmasi dari email pemberitahuan bahwa Anda lolos untuk melanjutkan tahap selanjutnya yaitu mengikuti Public Interview dan indepth Interview.

Kurang lebih pesertanya 25 orang yang hadir nantinya duduk setengah lingkaran. Sebelum sesi interview dimulai dari PT PAN Brothers Tbk akan memberikan presentasi pengenalan tentang PT PAN Brothers dan program MDP (Management Development Program).

Setelah itu dilakukan public interview kurang lebih ada 6 soal yang terdiri dari motivasi Anda mengikuti program MDP, cara mengatasi pengurangan karyawan dimasa Covid-19 dilingkup perusahaan, tujuan 5 tahun kedepan, kelebihan dan kekeurang serta kontribusi Anda diperusahaan, memilih teman Anda yang cocok untuk bergabung di tim Anda dan sebutkan alasannya, dan sebagainya.

Setelah selesai proses public interview, kemudian dilanjut untuk mengikuti proses indepth Interview. Interview kali ini dipanggil satu persatu di dalam satu ruangan. dalam 1 ruang terdapat 4 peserta dan 4 interviewer, dimana setiap 1 orang akan di interview 1 orang dengan bergantian, setiap peserta wajib di interiew oleh 4 interviewer.

Pertanyaan indepth interview ini menguji kemampuan Anda dalam berbahasa inggris, kemudian dilanjut tentang pengenalan diri Anda, tentang pengalaman Anda berorganisasi atau aktivitas kegiatan pekerjaan Anda, dan latar belakang pribadi Anda. Interview ini sangat santai dan profesional. Interview ini dilakukan kebanyakan menggunakan bahasa indonesia.

4. Briefing MDP

Tujuan dilakukan brefing ini adalah untuk memperkenalkan tentang program MDP, serta dijelaskan mulai dari kegiatan yang akan dilakukan, beban, dan tanggung jawab, serta benefit apa yang Anda dapatkan selama mengikuti program MDP.

Acara dimulai dengan mengakrabkan peserta dengan games perkenalan, supaya nantinya dalam satu tim bisa menjaga kekompakan dan keakraban. Setelah selesai melakukan perkenalan akan dilanjutkan ke sesi presentasi tentang program MDP dari salah satu Manager di PT PAN Brothers Tbk. Dalam presentasi tersebut meceritakan pahitnya mengikuti MDP, setelah itu meceritakan kesenangan mengikuti MDP.

Kemudian dilanjut ke sesi tanya jawab sebelum kita melakukan tanda tangan kontrak. Pada sesi berikutnya nantinya akan dibagikan kertas yang bertuliskan dokumen yang wajib dikumpulkan, untuk membuktikan bahwa Anda sudah yakin untuk bergabung menjadi peserta MDP di PT PAN Brothers Tbk.

Jadi demikianlah perjalanan tes seleksi di PT PAN Brothers Tbk. Jika ada pertanyaan tentang pengalaman seleksi lainnya, harap hubungi kami di info@bhutannica.org

 

Informasi Lainnya

error: