Pengalaman Tes Seleksi GPTP (Great People Trainee Program) di Telkom Indonesia

  • 3 min read
  • Jan 09, 2022

Bhutannica.org – Sebetulnya tahapan seleksi GPTP XI dan XII tidak berbeda jauh, tetapi di sini saya akan cerita dari tahapan awal lagi . Jadi saat tidak berhasil di GPTP XI rasanya sedih sekali, sampai nangis beberapa hari dan berpikir tidak ingin mencoba GPTP kembali, hahahah lebay. Tetapi kelanjutannnya ketika ada informasi GPTP XII buka, saya apply kembali dan coba membenahi kesalahan dari pengalaman sebelumnya. wkwkwk

Berhubung saya sudah mempunyai akun untuk rekrutmen telkom dan datanya sudah komplet, jadi saya tinggal apply (ketika itu rasanya perjuangan diawali dari nol kembali). Tanggal 16 Januari 2020, saya dapat email dari telkom yang mengatakan jika saya lulus seleksi administrasi dan akan mengikuti penyeleksian tahap selanjutnya, yaitu tes online yang terbagi dalam data confimation, tes kemampuan dasar, english ability test, dan value BUMN. Saya mendaptkan jadwal test tanggal 20 – 22 Januari, rasanya deg-degan karena 2 hari saat sebelum ujian kakak saya nikah dan keadaan di rumah cukup ramai, takut tidak fokus, hahaha. Dan ternyata benerrr, saat ujian bocah – bocah sibuk gangguin. 😢 Tetapi alhamdulilah bisa ngerjakan testnya dan lulus untuk lanjut ke tahap selanjutnya, yakni psikotest.

Psikotest dikerjakan secara offline di Telkom LEA Medan (karena saat daftar saya milih lokasi tes Medan) tanggal 05 Februari 2020. Psikotes dimulai dari jam 12.30, kebetulan saya bisa jadwal tes sesi siang. Saat sebelum masuk ruang ujian, kita disuruh isi daftar hadir sekalian nunjukin berkas berupa KTP, ijazah/SKL, dan transkrip nilai. Yang diujikan saat psikotest yakni pauli, baum tree, warteg, DAP, dan TKD. Seingatku bentuk TKD saat psikotes tidak berbeda jauh dengan TKD saat online test.

Tepat tanggal 25 Februari 2020, saya dapat email dari Telkom dan alhamdulillah lulus. Masyaallah suka sekali rasanya waktu itu dapat lanjut lagi ke tahap selanjutnya yakni assessment days. Assessment days ini bisa disebut sebagai tahap akhir dari rangkaian seleksi GPTP Telkom. Tetapi walau tahap akhir tidak berarti tesnya hanya satuuuuuu. wkwkwk, lebiiihhh. Tahapan ini terdiri dari Telkom Dream Challenge, test bidang, interview panel (personal quality, culture, bidang), dan medical check up.

Telkom dream challenge itu tugasnya buat video yang didalamnya menjawab pertanyaan dan video itu harus di unggah ke akun rekrutmen telkom dan kita diberi waktu selama satu minggu. Bahasa yang dipakai dalam video boleh bahasa indonesia, boleh bahasa inggris, tetapi prefer bahasa inggris.

Test bidang dan interview panel dikerjakan pada hari yang sama secara offline di Telkom LEA Medan. Kita disuruh bawa KTP, materai, dan surat pernyataan riwayat kesehatan. Test bidangnya berbentuk test tertulis sesuai bidang yang kita pilih, saya ngambil bidang information technology, tidak sama dengan bidang yang ku ambil di batch sebelumnya yakni telecommunication.

Teknis pelaksanaan interview panel kali ini lain dengan sebelumnya. Jika sebelumnya interview pq dan culture dibagi dengan interview bidang, sehingga kita 2x interview. Tetapi kali ini dikombinasi jadi sekali interview. Waktu itu saya cukup kaget karena bisa posisi pertama interview dan yang interview ada tiga orang, dan awalnya saya tidak tahu jika ternyata interview nya digabung, Hahaha… Tetapi kali ini seru dan lebih bagus, karena deg-degannya tidak berulang-ulang seperti tahun kemarin dan tentunya lebih hemat waktu jadi bisa cepat pulang. 😂 Kan lumayan bisa tidur siang.

Medical check up dilakukan di e-labs Telkomedika Medan. Saat sebelum MCU kita disuruh untuk puasa makan (minum air putih boleh) dari jam 10 malam sampai besok hari kita MCU. Belajar dari pengalaman sebelumnya, saya tiba lebih cepat buat MCU karena takut dapat no antrean paling akhir lagi. 😄 Yang di test lumayan banyak, pertama mengambil darah kemudian mengambil urin, lalu kita diminta makan. Tetapi waktu itu saya tidak langsung makan, saya lanjut check tekanan darah, check suhu badan, nimbang berat tubuh, ngukur tinggi tubuh dan lingkar perut lalu cusss makann. hehehe Selesai makan kita akan diberi tahu jadwal selanjutnya untuk mengambil darah sesi ke 2. Sambil menunggu waktu, kita akan diundang untuk melanjutkan test selanjutnya, yakni audiometri, thorax, EKG, cek mata, pemeriksaan fisik oleh dokter (gigi, ambeien, pemeriksaan refleks, cek benjolan ada atau tidak di pyd untuk wanita, dan akan ditanya-tanya sama dokternya). Oh ya, orang-orang disitu ramah lho, hahah.

Sesudah semua serangkaian tes GPTP selesai, rasanya lega sekali dan greget menunggu hasilnya. Agak – agak takut dapat hasil yang serupa dengan tahun kemarin. Semestinya jarak di antara assessment days dengan informasi akhir yaitu sekitar 1 bulan. Tepat tanggal 06 April 2020 harusnya kami terima hasil pengumuman GPTP XII, tetapi kami malah dapat email dari Telkom yang memberitahukan jika pengumuman diundur. Pandemi covid-19 memang memberi imbas yang luar biasa, semua terlambat termasuk pelaksaanaan seleksi CPNS dan rekrutmen-rekrutmen yang lain. Keadaan ini cukup buat kepala pusing, karena saya sudah nganggur beberapa waktu dan ditambah lagi tidak dapat ke mana saja, kan takut keluar dari rumah. 😂😂

Singkat kata, sesudah penantian beberapa waktu, pada akhirnya tanggal 06 Juli 2020 bersamaan dengan HUT Telkom yang ke 55 hasil seleksi GPTP XII di umumkan dan alhamdulillah Allah memberikan peluang untuk bergabung dengan Telkom 😭😭😭 auto nangis.

Demikian ceritaku dan semoga berguna yaa. Jika ada yang keliru, tolong dimaafin ya. Saya hanya sharing berdasarkan pengalamanku saja, tiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda. 😊