Penerapan OKR dan Analisis Premortem

  • 1 min read
  • Aug 29, 2020

Parameter keberhasilan dari Tim atau Organisasi, salah satunya menerapkan OKR. Great, this is a good for step. Tujuan akhir dari keberhasilan bukanlah penetapan OKR, melainkan pencapaian yang dilakukannya.

Saat kita menentukan OKR, hal pertama yang harus dilakukan, harus menentukan objective kemudian diturunkan menjadi beberapa key result. Apabila memenuhi target yang akan dicapai, maka akan berdampak langsung terhadap objective tersebut. Hal ini dapat memberikan kemudahan untuk mengukur tingkat ketercapaian OKR, jika dibandingkan dengan target yang dicanagkan.

Image by Anemone123 from Pixabay

Langkah di atas merupakan kesimpulan sebagai post mortem analisis, atau evaluasi yang berhubungan dengan OKR yang sukses, dan mana yang belum sesuai dengan target. Biasanya Post mortem dapat dilakukan setelah proyek atau kejadian berakhir.

Bagaimana cara untuk meningkatkan keberhasilan ketercapaian pada OKR? Salah satu referensi dari studi NYU, yang dikutip dari buku Thinking in Bets, merekomedasikan langkah tentang premortem analisis. Dengan premortem, mempermudah kita dalam menganalisis hal-hal yang dapat menimbulkan OKR tidak tercapai, sebelum kejadian atau target waktu yang ditentukan.

Jika kita membayangkan sebuah headline di media massa maupun di masa depan. Misalnya terdapat artiket yang berjudul “Perusahaan X gagal mencapai target pendapatan sebesar Y”. Apa yang akan dibahas pada artikel tersebut? Hal tersebutlah yang dapat kita coba daftarkan, saat menyusun premortem saat ini.

Menurut riset yang dilakukan oleh NYU, dengan melakukan penjabaran tentang hal-hal yang bersifat objective, serta berpotensi menyebabkan OKR tidak tercapai. Dengan penjabaran tersebut, kita dapat mengantisipasi secara langsuung kemungkinan gagal, yang berdampak pada kemungkinan OKR tercapai, lebih tinggi.

Ketika jangka waktu yang sudah ditentukan berakhir, buatlah perbandingan antara posmortem, dan premortem yang telah dibuat. Dengan menerapkan langkah tersebut, untuk mempermudah evaluasi saat menetapkan OKR, dan premortem dapat diimplementasikan untuk jangka waktu berikutnya, dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *