Jenis Backlink Kurang Berkualitas Rawan Kena Banned Google

  • 3 min read
  • Aug 29, 2020

Backlink merupakan unsur yang penting dalam mengoptimasi off page website. Perlu diketahui bahwa mempunyai backlink banyak belum tentu kualitas yang dihasilkan bagus, namun ada beberapa jenis backlink yang kurang tepat dan rawan terkena banned dari Google? Jika kalian belum mengetahui informasi ini sebaiknya ada baca artikel ini hingga selesai, agar kedepannya bisa lebih berhati-hati dalam mencari backlink.

Website membutuhkan backlink untuk meningkatkan popularitas pada website tersebut. Semakin banyak backlink yang tertaut pada web, semaikan bagus untuk mendapatkan peringkat pencarian pada browser. Sebelum adanya algoritma Google Panda, para blogger dengan mudah mendapatkan backlink. Backlink tersebut bisa didapatkan melalui situs iklan baris, situs konten dewasa, maupun backlink komen di blog gratis, semuanya dapat dilakukan. Dengan begitu para blogger tidak peduli dengan kualitas backlink, karena yang terpenting semakin banyak backlink yang tertaut pada web, maka bisa mendapatkan peringkat di mesin pencari atau browser. Zaman dulu memang mudah untuk menemapatkan web pada posisi teratas.

Image by Pexels from Pixabay

Keadaan berbalik, jika dibandingkan dengan zaman sekarang. Adanya Agoritma Panda yang diluncurkan oleh Google, yang dapat menilai backlink dari kualitas, bukan lagi jumlah backlink yang tertaut di web. Blog-blog yang sebelumnya mempunyai backlink dengan kualitas rendah, sekarang semuanya sudah dibersihkan oleh panda Google. Web yang sudah dibersihkan Google, tidak hanya masuk sanbok, namun ada beberapa web yang terkena deindex.

Dari pengalaman diatas, dapat kita ringkas bahwa google mempunyai sifat perfeksionis, hanya menempatkan blog maupun web pada halaman utama Google, yang mempunyai backlink yang berkualitas. Oleh sebab itu dalam mencari backlink harus hati-hati. Berikut jenis backlink yang dapat memicu banned dari Google?

Pada tahun 2005 yang lalu, dengan backlink dua arah ini, kita dapat memberikan backlink pada web sangat mudah, cepat, dan efektif. Misalnya kita mempunyai  blog pribadi kemudian memberikan tautan ke blog teman dan blog teman anda memberikan tautan ke blog kita. Jika kita mempunyai teman blogger sebanyak 100 orang, maka dapat diartikan bahwa kita mendapat tautan sebanyak jumlah blogger tersebut.

Namun, Google mengkategorikan bahwa backlink dua arah ini bisa dikatakan sebagai spam dan dilarang untuk digunakan. Sehingga sebaiknya hindari backlink dua arah, untuk menjaga keamanan web, karena Google menyukai backlin satu arah.

Beberapa contoh website yang mempunyai artikel direktori mungkin familiar dengan AboutUs, Spoke.com, Blogarama, dan EzineArticles. Dengan authority blog ini termasuk dalam kategori bagus, karena sangat mudah untuk mendapatkan tautan dari web. Namun, setelah ada Algoritma Panda, alangkah baiknya mengehentikan tautan pada authority blog, apabila tidak mau terkena amukan panda Google.

Jika isi blog menggunakan bahasa Indonesia, tetapi sumber referensi untuk blog menggunakan bahasa asing, maka hal tersebut dapat melanggar aturan yang dibuat Google. Alangkah baiknya jika ingin mencari backlink, sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia, apabila blog yang kita miliki menggunakan bahasa Indonesia, begitupun sebaliknya jika menggunakan bahasa asing. Hal ini penting dilakukan agar blog yang kita tulis terlihat lebih relevan.

Dengan mudahnya kita mendapatkan backlink ratusan bahkan ribuat dengan menggunakan tools backlink, namun hal ini menjadi berbahaya bagi web kita, sebab boot Google dapat mendeteksi terjadinya kegiatan yang jarang dilakukan atau tidak wajar, bagaimana untuk memperloleh tautan. Google menyukai cara tautan ke web dengan manual, sehingga Google tidak memperbolehkan menggunakan backlink dari tools otomatis.

Variasikan platform yang akan di backlink, sehingga tautan tersebut tidak dicurigai oleh Google serta web kita tetap aman. Tipsnya yaitu pastikan backlink yang digunakan bukan berasal dari platform tertentu, misalnya hanya di forum.

Blog spam dapat kita artikan dari external link yang tertaut pada halaman komentar serta jumlah komentar pada blog tersebut. Jika jumlah komentar maupun external link mencapai ribuan dan link tersebut mengarah ke situs dewasa, hal ini termasuk kategori komen dari blog spam. Jika ingin mendapatkan tautan komentar yang mempunyai kualitas, cobalah cari blog yang sudah mempunyai komentar di moderasi.

Mungkin itulah, beberapa jenis backlink yang kurang bagus, serta rawan terkena banned oleh Google. Semoga pembaca artikel ini dapat berhati-hati dalam mencari tautan untuk situs yang anda kelola. Jangan pernah melakukan hal yang dapat membahayakas situs anda, lebih baik mengutamakan kualitas dari pada jumlah backlink yang tertaut di web, hal itulah yang disukai oleh Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *