E-Commerce punya komitmen untuk menjaga Data Pengguna

  • 1 min read
  • Aug 16, 2020

Keamanan data menjadi sangat penting bagi pengguna, agar pengguna merasa aman serta nyaman dalam melakukan transaksi di E-Commerce. Ricky Setiadi selaku AVP Information Security di Blibli mengatakan, untuk menanggulangi serangan terhadap keamanan data, perusahaan telah menerapkan berbagai strategi melakukan penyesuaian keamanan informasi pada platform untuk memastikan ketahanan kemanan data, termasuk di bagian arsitektur teknologi dan informasi (TI) serta aplikasi pemrograman antarmuka (API). Sumber referensi teknologi.bisnis.com (12/8/2020)

Blibli mengklain bahwa mereka menjadi e-commerce pertama yang memiliki sertifikasi berstandar internasional, dengan ISO/IEC 27001 pada tahun 2013 pada sistem manajemen kemanan informasi untuk menjaga kemanan data.

Image by athree23 from Pixabay

Selain mendapatkan sertifikasi ISO, Blibli juga memperoleh nilai tertinggi pada Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), hal ini dapat menjadi penilain bahwa perusahaan dapat menjaga tingkat kematangan dan bisa mengelola kemanan sistem informasi, sehingga perusahaan sudah prima dalam menjaga kemanan data pengguna.

Tak mau kalah dengan Blibli, Tokpedia juga mengutamakan bisnis reputasi dan kepercayaan pengguna untuk menjaga kerahasiaan serta kemanan data pengguna yang menjadi prioritas utama bagi Tokpedia. Platform Tokpedia selalu menindak tegas terhadap pihak yang memanfaatkan platform Tokpedia untuk keuntungan pribadi, sehingga Tokpedia akan melakukan segala bentuk tindakan yang melawan hukum.

Untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan terhadap akun dengan paramenter tertentu, Tokpedia sudah memiliki sistem keamanan yang dapat mendeteksi hal tersebut sesuai dengan prosedur penangan yang sudah ditentukan.

Perusahaan selalu terus mengedukasi pengguna untuk tetap waspada terhadap akses yang mencurigakan serta menjaga data pribadi masing-masing, seperti halanya tidak memeberikan atau tidak membagikan kode OTP kepada siapa pun dan tidak bertransaksi di luar platform.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *