Cara Mudah Cek Backlink Pesaing

  • 3 min read
  • Aug 31, 2020

Masih banyak cara untuk mengetahui backlink website pesaing yang bisa anda lakukan, bisa menggunakan tools yang berbayar maupun yang gratis. Beberapa tools gratis hanya dapat menampilkan beberapa saja, hasilnya tidak dapat diunduh, dan kemungkinan lainnya. Sebenarnya alasan kita untuk menganalisa backlink, hanya ingin tau backlink yang digunakan pada web pesaing, sehingga kita dapat menirunya dan mengalahkan pesaing tersebut. Jika kita tidak dapat mengunduh laporannya, bagaimana kita dapat menganalisanya secara penuh?

Kebanyakan orang menggunakan tool Ahrefs untuk menganalisa backlink yang digunakan pesaing. Laporan yang lengkap dan file dapat diunduh bahkan kita dapat mengetahui anchor text apa yang digunakan. Memang harga untuk tools Ahrefs ini lumayan mahal, tetapi sebanding dengan fitur-fitur yang didapat.

Image by Simon Steinberger from Pixabay

Apa itu Ahrefs?

Ahrefs merupakan tools backlink checker yang dapat digunakan oleh seo kelas atas untuk menganalisa website lain. Tools ahrefs mempermudah kita untuk melihat website pesaing, menganalisa keyword, jumlah trafik, backlink yang dimiliki pesaing, sera mengetahui jumlah kunjungan paling banyak. Dengan memiliki semua perlengkapan tersebut, pastinya dengan mudah untuk menggeser posisi keyword pesaing.

Jika anda menggunakan Ahrefs, anda dapat mencari keyword penulusuran yang punya trafik tinggi, serta tingkat kompetensi rendah dan biaya klik iklan tinggi melalui keyword explorer yang telah disediakan.

Pada tahun 2017 pergerakan pasar mulai beralih ke digital, tetapi sangat disayangkan pengguna digital di Indonesia belum begitu banyak. Namun angka pengguna digital naik derastis setelah terjadinya virus corona, banyak toko maupun usaha beralih menggunakan media website untuk menarik pembeli serta berjualan. Mereka ingin web yang digunakan dapat berjalan dengan optimal, dari segi peringkat di mesin pencari, serta mempunyai trafik yang tinggi, supaya penjualan juga ikut naik. Hal tersebut dapat diwujudkan apabila mempunyai backlink yang bagus dan berkualitas.

Permasalahannya tidak hanya jumlah backlink yang dimiliki, akan tetapi kualitas dari backlink tersebut yang lebih penting, jika dibandingkan dengan jumlah backlink. Fakta di lapangan, belum banyak orang tau apa yang dimaksud backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink yang benar, apakah dapat dilihat dari jumlahnya saja, sehingga menimbulkan masalah akibat hilangnya dari mesin pencari (Google) karena terdeteksi spam. Inilah pentingnya penggunaan backlink yang berkualitas, sehingga dapat digunakan untuk optimasi seo off page dan dapat memberikan peringakat yang bagus di mesin pencari (Google).

Pada tutorial ini , tools yang digunakan yaitu dengan Ahrefs bukan tools gratisan. Alasan memakai Ahrefs karena mempunyai fitur yang lengkap, apa yang diperlukan untuk membantu menganlisa web semuanya tersedia di Ahrefs. Bila ingin mengetahui cara mendapatkan kualitas backlink yang bagus dari kompetitor,silahkan simak artikel berikut serta dengan penjelasannya.

Tentukan Target

Tahapan pertama yang harus dilakukan yaitu tentukan terlebih dahulu semua web pesaing yang akan dianalisa. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar atau seberapa tinggi domain authority pada web tersebut dan seberapa terkenal web tersebut.

Masukan URL Website Target ke Ahrefs

Saya menganggap pembaca sudah memiliki akun aktif di Ahrefs dan dapat login. Kemudian jika kita sudah tau mana saja website yang ingin di analisa, masukan URL tersebut pada kolom pencarian website, kemudian klik tombol yang berlogo search atau kaca pembesar pada kanan kolom, setelah itu tekan menu backlink pada menu bagian kiri. Ahrefs akan otomatis menampilkan semua backlink yang dimiliki website yang kita cari.

Filter Hasil Pencarian

Kemudian cari menu fitur yang dapat digunakan untuk memfilter jenis backlink yang akan dicari, penjelasannya sebagai berikut:

  1. Link Type menjadi penentu untuk melihat backlink yang dofollow saja, nofollow, backlink redirect, backlink government, backlink content, maupun backlink educational. Secara default pada tools Ahrefs, semua jenis backlink pada website pesaing akan ditampilkan semuanya.
  2. platform dapat digunakan untuk melihat backlink dari platform tertentu, seperti forum, ecommerce, wordpress, wikipedia, CMS, dan lainnya.

Bila sudah menemukan kriteria backlink dengan kualitas yang bagus, dan sudah menganalisa sebuah web kompetitor, alangkah baik hasil dari laporan tersebut lebih baik di download, supaya mempermudah dalam menganalisa.

Inilah salah satu bagian yang terpenting, mengunduh laporan analisa. Dengan begitu kita dapat mempermudah dalam menganalisa web kompetitor dengan mudah dan mendalam. Untuk mengunduh laporan analisa, klik tulisan export, kemudian tunggu beberapa saat sampai file berhasil diunduh.

Sekarang kalian sudah mempunyai laporan yang anda inginkan, setelah mengikuti beberapa cara cek backlink kompetitor dengan artikel yang saya buat. Langkah selanjutnya, menganalisa dari setiap backlink yang akan digunakan, kemudian tirulah agar web anda mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *