Pentingkah Melakukan Search Engine Marketing (SEM)

  • 1 min read
  • Jul 21, 2021

Bhutannica.org – Apa perusahaan anda sudah melakukan SEO dan perkembangan trafik masih tidak sesuai target yang ditetapkan?

Mungkin sekarang waktunya untuk mempertimbangkan Search Engine Marketing (SEM) untuk tingkatkan trafik. Lantas, pertanyaannya selanjutnya adalah apa itu Search Engine Marketing?

Search Engine Marketing, berdasarkan namanya SEM adalah teknik untuk mempromosikan suatu situs supaya tampil pada pilihan teratas dengan membayar pada pihak Search Engine, misalnya: Google, Bing dan Yahoo.

Menurut penjelasan di atas, bisa dilihat jika perbedaan SEO dan SEM adalah pada biayanya. Untuk lakukan SEO pada suatu website tidak membutuhkan anda untuk bayar ke Search Engine, sedangkan untuk lakukan SEM anda diwajibkan bayar ke Search Engine.

Setelah membahas terkait pengertian dari SEM, selanjutnya adalah contoh dari SEM, sebagai berikut:

Seperti gambar yang ada di atas, perusahaan JDID lakukan SEM dengan kata kunci HP pada Search Engine Google. Dengan lakukan SEM, web JDID akan ada pada pilihan teratas saat pelanggan Google lakukan pencarian tentang HP.

Ketika situs JDID ada pada pilihan teratas, tentunya menambah peluang pelanggan Google untuk lakukan klik pada website tersebut kan?

Disamping meningkatkan trafik secara cepat, SEM memberi manfaat lainnya, sebagai berikut:

  • Bisa menjangkau pelanggan lebih dalam karena bisa lebih spesifik
  • Menaikkan Brand Awareness ke pelanggan
  • Biaya yang bisa diatur sesuai budget

Sesudah mengetahui pengertian dan manfaat dari SEM, kelihatannya perusahaan perlu mempertimbangkan untuk lakukan SEM supaya bisa meningkatkan revenue dan penjualan perusahaan tersebut.