Pengalaman Tes Seleksi Magang Bakti BCA 2021

  • 6 min read
  • Jul 25, 2021

Bhutannica.org – Kali ini akan membahas tentang pengalaman magang bakti BCA 2021, dimulai dari tahapan pendaftaran sampai ke tahapan MCU. Mungkin bagi teman-teman yang ingin tahu terkait proses recruitment magang bakti BCA, baca tulisan ini sampai habis ya..!

Jalan Cerita Melamar Magang Bakti BCA

Jadi ini, sebenarnya semenjak awal saya tidak ada niat sekalipun ingin mendaftar ke BCA apa lagi berniat jadi peserta magang bakti di situ. Hal ini karena saya mengerti passion saya berada di dunia tulis menulis, sedangkan menjadi peserta magang bakti BCA tidak ada hubungannya sama sekali dengan dunia tulis menulis.

Akan tetapi, waktu itu saya sedang scrolling Instagram, lalu bertemu dengan akun “Magang Update” Fyi itu akun instagram yang paling saya rekomendasi untuk kamu para pencari magang atau kerja.

Okey, kembali lagi ke topik. Lantas, kenapa saya ingin mendaftar menjadi magang bakti di BCA? Sederhana, karena sedang gabut saja. Ingin mencoba beberapa hal di luar kebiasaan . Sehingga, karena kebiasaan saya di dalam rumah, bergelut dengan laptop dan kata-kata, saya ingin rasakan bagaimana jadi seseorang yang sehari-harinya berjumpa dengan banyak orang. Fyi, saya orangnya tidak introvert banget. Saya suka berjumpa seseorang. Karena alasan tersebut saya berpikiran, “Ah, kenapa tidak coba?”

Sebetulnya saya telah banyak mendaftar magang, seperti magang di detik.com, tapi karena pendaftarannya 10.000, yang diterima hanya 70an orang dan nama saya tidak termasuk didalamnya. Saya mendaftar menjadi seorang script writer di startup satu persen, tetapi sesudah 3x mendaftar tidak satupun diterima. Yasudahlah, tidak mengapa.

Pendaftaran Magang Bakti BCA 2021

Pengalaman Magang Bakti BCA saya mulai disini. maka saat sebelum saya mendaftar, saya meminta ijin dulu ke orangtua. Saya ngomong, “Bu, saya ingin daftar di BCA untuk Magang Bakti”. Ibu saya langsung berbicara, “Iya Nak, silahkan”. It’s okey, karena dapat restu, langsung saya apply pendaftaran itu. Nama alamatnya dapat di kunjungi di sini.

Saya selanjutnya melengkapi syarat-syarat, tetapi karena saya masih sementara kuliah, jadi saya hanya menggunakan ijazah SMA saja. Lantas saya tulis semua pengalaman organisasi saya, masukkan rata-rata nilai rapor dan lain-lain.

Sesudah semua proses pendaftaran selesai. Ya udah, saya tinggal menanti penantian adanya panggilan dari pihak BCA. Sambil menanti, saya kemudian rajin baca-baca artikel terkait magang bakti BCA. Saya mulai rajin-rajin kerjakan soal-soal psikotest seperti deret angka, sinonim antronim, tes warteg, sampai dengan tes paulin.

Pengumuman Kelulusan Berkas

Saya tidak paham berapa lama saya menunggu informasi tersebut, bahkan saya sampai lupa dengan magang bakti BCA ini karena sangat lama waktunya, hehe . Jadi, seperti kira-kira 1 bulan saya menanti hasil kelulusan berkasnya dan Puji Syukur Tuhan saya di invite ke group peserta magang bakti BCA 2021.

Dalam WAG itu, si admin selanjutnya minta email masing-masing pendaftar. Ada sekitar 30an lebih yang masuk ke group itu. Saya lalu berpikir, “Ah, banyak-banyak yah yang ingin masuk di sini, Ya, walau tidak sebanyak pendaftar di pulau Jawa.”

Setelah ditempatkan ke group tersebut, tidak ada lagi berita terkait kapan akan diselenggarakan test. Saya selanjutnya menyiapkan diri untuk jalani test. Menurut rekomendasi yang saya peroleh, untuk masuk jadi lulusan magang bakti BCA 2021, maka kita akan melalui test berupa psikotest 1 dan 2, lalu wawancara HRD dan User,Lalu tes MCU dan Training.

Namun, rupanya tes di setiap wilayah berbeda guys, ada yang interview dulu, trus tes psikotes, terus ada lagi verifikasi dan baru tes MCU, bagaimana dengan cabang saya? Lanjut membaca ya, hehe.

Tes Psikotest Online

Sesudah dimasukkan ke WAG, ada kira-kira 1 mingguan baru ada kepastian mengenai jadwal tes psikotest. Syukurlah, ada sekitar satu minggu saya menyiapkan diri saya untuk belajar terkait psikotest, seperti sinonim antonim, deret angka, test pola gambar, test warteg dan test paulin.

Test diselenggarakan pada tanggal 10 Februari 2021 dengan sistem online. Waw, terkejut donk saya, mengapa tiba-tiba online. Pikir saya, aduh bagaimana cara gambar tes warteg nya? bagaimana cara tes paulin. Usut punyai usut, rupanya test warteg dan test paulin tidak ada. Huft, walau sebenarnya sudah susah-payah belajar paulin wkwk.

Lalu, tesnya apa saja kak? Nih, gambarnya

Fyi, dengan soal yang banyak dan waktu yang sedikit, jangan coba-coba nyontek dan kerja sama ya walau online. Ini bisa habiskan waktumu. setiap masalah akan diberi waktu sekian detik saja. Pikirkan! Nyontek? Mana sempat!

Smart GMA Verbal tesnya itu ibarat keterikatan kata, lengkapi kalimat, persamaan dan ketidaksamaan kata, pengelompokan kata, dan yang lain. Alhamdulillah, karena suka membaca dan menganalisa, saya bisa kerjakan 17 nomor dalam kurun waktu 3 menit, hehe . Jadi masih ada sisa 1 menit buat cek kembali.

Smart GMA Numerikal, testnya itu ibarat deret angka, soal cerita, intinya persoalan matematika dasar lah, untuk yang suka hitung-hitung pastinya bisa kok. Tetapi, karena saya basicnya tidak senang dengan hitung-hitungan dan background dari anak IPS, saya hanya mampu kerjakan setengah soal saja, Hiks, ini nih yang buat saya khawatir keterima atau mungkin tidak.

Smart Ability to Learn, testnya itu ibarat gambar berpola, mungkin Anda sudah tahu lah ya, tidak perlu di jelaskan kembali. wkwk. (Capek ngetik bro). Dan, Alhamdulillah, saya sukses menyelesaikan di beberapa menit terakhir semua soal.

Smart Personality, test ini tidak ada jawaban benar salah ya. Di sini, pure diminta bercerita kepribadian Anda sendiri dan Anda harus jujur sejujur-jujurnya, karena jika berbohong, sistem akan mengetahui dengan melihat tingkat konsistensinya. hehe.

Karena baru dapat update lagi soal permagangan duniawinya hehehe. Saya akan membuat perjalanan pengalaman magang bakti BCA 2021, selanjutnya.

Nah, kemarin kita sudah sampai di pengalaman ketika test psikotest onlinenya. Di mana kami beberapa peserta diberi saat yang benar-benar singkat untuk menjawab beragam jenis masalah seperti test numerik, verbal, ability to learn dan personality.

Sesudah menyelesaikan test psikotes online lanjut untuk tunggu hasil tesnya yang dikabarkan di WAG.

Kelulusan Tes Psikotest Online

Setelah penantian kira-kira seminggu. Ada kabar bahagia dari pihak BCA yang menginfokan nama-nama peserta yang dinyatakan lulus dan memperoleh tiket untuk ambil langkah ke tahap wawancara. Dan, Alhamdulillahnya nama saya tercantum di situ.

Jadi , dari 30-an peserta yang dinyatakan lulus verifikasi karena, terseleksi dengan tes psikotes dan hanya tersisa 13 orang peserta. Dalam pengertian, hanya 13 orang peserta yang memperoleh peluang untuk wawancara.

Ingat! selalu cek hape kalian di saat-saat ini, karena pada saat dikeluarkannya informasi peserta yang lolos psikotest, hanya akan diberi waktu 3 jam untuk lengkapi semua berkas yang dibutuhkan. Apa berkas itu?

  • CV terbaru
  • Ijazah
  • Rata-rata nilai rapor (khusus lulusan SMA) dan transkrip nilai (lulusan D3-S1)
  • Foto 4 x 6
  • KTP
  • Surat lamaran

Ohiya, tenang saja, Anda tidak diminta kirim berkas hardcopynya kok. Hanya diminta untuk mengirimi softcopynya lewat email pihak BCA saja ya. Ingat! jangan sampai terlambat loh. Di sini juga termasuk penilaian. Tetapi, jika ternyata ada masalah yang tidak memungkinkan melihat informasi itu, silahkan untuk mengkonfirmasikan ke pihak BCA disertai alasan yang tepat.

Setelah saya selesai melengkapi semua, baru saya bisa tenang dan menyiapkan diri untuk mengikuti interview kerja keesokannya. Diberitakan akan diadakan jam 9.00 WITA, GAK BOLEH TELAT!

Proses Interview

Keesokan harinya, saya bersama teman-teman yang lain bergabung di waktu yang tepat. Tidak ada yang berani telat. Tetapi, saya adalah orang ke dua paling terakhir tiba. Ya, maklum jarak dari rumah dan kantor ada kurang lebih 40 menitan.

Dari 13 orang yang dipastikan bisa lolos, ada sembilan orang yang datang mengikuti interview. empat orang yang lain tidak ada kabar. Di situ kami kenalan dengan sembilan orang yang lain. Sambil menanti giliran interview.

Nah, apa saja pertanyaan interviewnya? Tentu penasaran kan? Inilah pertanyaan interview pengalaman magang bakti BCA 2021

  • Perkenalan diri dan katakan latar belakang keluarga dan pendidikan
  • Mengapa ingin masuk BCA
  • Apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki
  • Bagaimana kelebihan itu bisa sebanding dengan aktivitas magang bakti nanti
  • Apakah siap ditaruh di cabang lainnya?
  • Jika kuliah, bagaimana cara menyeimbangkan waktunya?
  • Ceritakan pengalaman bertemu dengan beberapa pelanggan
  • Apakah ada pengalaman kerja sebelumnya?

Jelaskan kenapa Anda berhak untuk diterima sebagai anggota magang bakti BCA
Yup, seingatku yang itu. Intinya, tiap jawaban yang kita beri pasti memunculkan beberapa pertanyaan baru yang berkaitan. Tipsnya adalah sebisa mungkin beri jawaban yang menunjukkan kredibilitasmu sesuai posisi yang kamu lamar. Tips selanjutnya berpenampilan lah yang menarik, contohnya :

  • Baju harus Kemeja Berkerah (Kalau saya kemarin pakaian putih hitam lengkap dasi hitam)
  • Sepatu pantofel
  • Usahakan pakaian jangan kusut
  • Rapihkan rambut
  • Tidak boleh menggunakan minyak wangi yang menyengat
  • Tidak boleh gugup (sangat dihindari)
  • Interaktif dalam forum (ajukan pertanyaan bila diizinkan)
  • Badan usahain tegak (Tidak boleh sandar)
  • Lakukan kontak mata
  • Fokus pada penanya
  • Jelas dalam menjawab (Artikulasi harus jelas, hindari kata “ee “)
  • Murah senyum
  • Jalan dengan elegan
  • Tetap sopan

Tips yang paling tepat adalah “Lakukan Persiapan”. Saya juga demikian, semalaman penuh saya latihan bicara dan menerka-nerka apa saja pertanyaan yang bakal diajukan.

Setelah proses interview selesai. Beberapa saat kemudian, muncullah sebuah pemberitahuan di handphone saya. Saya awalannya terkejut, kok mendadak dimasukkan dalam group “verifikasi”, sesaat sesudahnya keluarlah pengumuman di WAG jika saya lolos tahapan tes interview.

Dari kesembilan peserta, yang diterima hanya dua orang. Dan, Alhamdulillah saya termasuk didalamnya.

Tes Verifikasi

Hah? Belum selesai ? Ya, memang sangat panjang proses recruitment di magang bakti, maka janganlah lelah ya membaca artikel terkait pengalaman magang bakti BCA ini, hehe.

Setelah pengumuman lulus tahapan interview. Saya selanjutnya dikabarkan untuk mengikuti tes verifikasi psikotes online. Apa itu? Ya, seperti verifikasi benarkah kita kerjakan test psikotes tempo hari dengan jujur.

Kali ini dilakukan test verifikasi dengan syarat saat mengerjakan tes psikotes, peserta harus memakai 2 device, 1 Laptop dan 1 Hape, dua device itu harus mengaktifkan kamera. Ini untuk jaga-jaga supaya tidak ada orang yang memberinya kita jawaban saat mengerjakan. Berikut test verifikasi.

Overall, bila kamu memang jujur dalam kerjakan tes pertama, maka tidak akan ada masalah di test kedua, beberapa soalnya nyaris serupa. Kamu perlu mengulas kembali beberapa materi mengenai psikotes di buku. Dan, alhamdulillah saya juga bisa lolos di test verifikasi ini. (menunggu hasil satu minggu).