Film The Intern, Belajar Tentang Pentingnya Karir

  • 2 min read
  • Jul 10, 2021

Bhutannica.org – Magang. Kebanyakan perusahaan sudah mempekerjakan mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi untuk memperoleh sudut pandang baru terkait departemen mereka dan memberikan para mahasiswa pengalaman kerja yang bernilai.

Saat bergabung dengan perusahaan sebagai karyawan magang, selain untuk pelajari ketrampilan yang akan membantu lebih memajukan karir, tapi magang bisa juga memberikan pengaruh pada perusahaan lho.

Serba-serbi tentang magang dijadikan film The Intern yang diperankan oleh Anne Hathaway sebagai Jules, si pemilik perusahaan, dan Robert De Niro sebagai Ben, si “anak” magang, yang sudah berumur 70 tahun!

Ben memilih untuk ambil pekerjaan magang karena dia bosan dengan masa pensiunannya yang harus dia habiskan sendirian. Pada akhirnya, dia melamar di startup punya Jules yang bergerak di bidang fashion, dan Ben pun diterima bekerja di sana.

Nah, sesudah menonton film The Intern, ada banyak pelajaran karir yang bisa kamu peroleh dan mungkin kamu aplikasikan di kemudian hari Sahabat Bhutannica. Apa saja sih?

Pertanyaan “Gila” saat Interview

Persiapkan diri kamu untuk menghadapi beragam kemungkinan jika kamu akan mendapatkan pertanyaan yang sedikit gila saat melakukan wawancara pekerjaan. Ketika hal tersebut terjadi, tetaplah tenang dan berusahalah menjawab sesuai topik dan kemampuanmu, ya.

Saat kamu menjawab pertanyaan tersebut, jawablah dengan jujur. Karena bila kamu menjawab dengan jujur dan paham dengan jawabanmu sendiri, secara alami kamu akan lebih nyaman yang pada akhirnya membuat koneksi yang bagus dengan si interviewer, hingga mereka akan lebih terkesan.

Terus Bergerak adalah Kunci

Dalam pekerjaan atau jalur karir apa saja, ada saat ketika kamu akan merasa berhenti atau tersesat. Tetapi sama seperti yang diingatkan Ben, kuncinya adalah terus bergerak maju.

Anggaplah tiap hal yang kamu lakukan adalah batu loncatan dari satu posisi ke posisi selanjutnya. Di saat frustrasi ini, mintalah saran dari orang-orang di sekitarmu. Ingatlah, tidak ada seorang pun yang sanggup menuntaskan semuanya sendiri.

Kenali Dirimu

Ada kemampuan nyata dalam mengetahui siapa dirimu sebenarnya. Tidak hanya di tingkat personal, tapi dengan mengetahui bagaimana cara kamu belajar atau bidang pekerjaan apa yang kamu kuasai, akan mendorongmu untuk memandang apa yang dibutuhkan dalam kehidupan.

Tidak boleh takut untuk mencoba suatu hal yang baru dan menarik! Terkadang kamu tidak pernah tahu jika kamu mengusai dalam sesuatu sampai kamu akhirnya mencobanya.

Apresiasi Setiap Pencapaian

Dalam film The Intern, setiap ada orang yang menuntaskan satu pencapaiannya, maka mereka akan membunyikan bel! Mungkin hal tersebut tidak diaplikasikan di lingkungan kerja sesungguhnya, tetapi ini sebagai cara untuk berbagi dan merayakan sebuah kemenangan.

Jaga pandangan positif yang stabil akan meningkatkan kegembiraan bukan hanya dalam diri kamu sendiri, tetapi juga di semua orang di sekelilingmu. Ucapkan selamat pada diri sendiri atas tugas-tugas kecil maupun besar, dan kamu akan sanggup melangkah lebih jauh lagi.

Persiapkan Dirimu untuk Setiap Perubahan

Dalam pekerjaan, terutama di perusahaan startup, setiap hari akan menawarkan banyak hal yang berbeda lho, Sahabat Bhutannica,

Bila ada hal yang mengubah rencana harianmu, pelajari cara menyelesaikan dan menyesuaikannya. Mungkin ini akan terlihat menakutkan bila kamu adalah orang yang sangat terorganisir. Tetapi, perlahan langkah ini akan membantu kamu untuk menyesuaikan lebih baik.

Jangan Takut Salah jika Benar

Selalu banyak cara untuk menuntaskan suatu pekerjaan. Dengan berpikir secara berbeda dan out of the box, asal tidak melanggar aturan yang ada, akan membantu kamu menjadi seseorang yang lebih menonjol, Sahabat Bhutannica.

Dress to Impress!

Dengan berpakaian rapi ke kantor, kamu akan membuat kesan tersendiri untuk kolega-kolegamu di kantor. Disamping itu, kenakan pakaian sesuai style dan seleramu akan membuat suasana hatimu menjadi baik selama bekerja, hingga output pekerjaanmu akan jadi lebih baik juga.