Cara Mengatur Keuangan dengan Konsep Pertanian (M2KP)

  • 1 min read
  • Jul 19, 2021

Bhutannica.org – Pengelolaan keuangan pada suatu keluarga kadang alami pasang surut. ya meskipun terlalu banyak mengalami surutnya dari pada pasangnya.

Soal pasang surut keuangan, rupanya banyak penilaian di kalangan masyarakat yang mengatakan sebenarnya tanggal tua sekitar tanggal 20-30 jadi tanggal mistis yang bisa membuat setiap keuangan mengalami surut sampai tidak ada lagi uang yang masih ada di dompet.

Adanya persoalan itu secara umum disebabkan adanya perbelanjaan yang terlalu berlebih dalam soal kebutuhan pangan atau sehari-hari.. Upss, tetapi tenang saja, kalian ingin belanja banyak dan tetep ada uang walupun itu di tanggal “mistis”?

Bagaimana, mau? Bila mau, yuk baca tips di bawah ini :

Menanam Sayur dan Rempah

Menanam sayur dan rempah adalah sebuah hal mudah untuk mengurangi perbelanjaan kebutuhan pangan. Dengan menanam sayur, kalian bisa memakai uang yang awalannya dipakai untuk beli sayur jadi digunakan untuk keperluan lain.

Renungkan, saat ini harga sayur dipasaran mulai naik, mana ada tanggal mistis lagi. Oleh karena itu, bila kalian menanam sayur sendiri kan enak.

Selain irit akan pengeluaran, kalian akan memperoleh bonus diskon besar lagi looh. Seperti udara rumah makin sejuk karena banyak tanaman, tidak dilanda tanggal mistis, sayur dijamin sehat untuk dimakan karena dikontrol langsung dalam hal penanamannya, dan yang paling penting adalah mengajarkan anak untuk ramah pada lingkungan.

Rekomendasi tanaman sayur yang perlu ditanam

  • Sawi, Terong, Kol, dan lain-lain
  • Referensi tanaman rempah
  • Cabai, Tomat, Kenjur, Jahe, Kunyit, Sereh, dan lain-lain.