Cara Atasi Kenapa Kamera Whatsapp Ngezoom? Berikut Solusinya

  • 3 min read
  • Jul 11, 2021

Bhutannica.org – Baru baru ini kelihatannya ada beberapa pengguna yang mengeluh kenapa kamera whatsapp ngezoom? Berikut penjelasannya.

Aplikasi media sosial whatsapp adalah aplikasi pesan cepat yang paling populer. Aplikasi ini seperti jadi kebutuhan untuk beberapa pengguna smartphone akhir-akhir ini untuk kebutuhan berkomunikasi.

Tetapi dalam perkembangannya, aplikasi whatsapp ini kenyataannya mempunyai fungsi lebih banyak. Satu diantaranya dengan fitur whatsapp story. Dengan fitur ini pengguna dapat membagikan kejadian mereka ke teman atau kerabat yang satu kontak atau mutualan.

Dalam story ini pengguna bisa membagi foto atau video sampai dengan 30 detik. Disamping itu video dan foto bisa diambil dari galeri atau langsung melalui kamera.

Nah sekarang ini nampaknya banyak pengguna yang alami maslaah error pada kameranya ini. Hal itu membuat kamera whatsapp jadi ngezoom. Lalu apa penyebabnya? SImak sampai habis.

Kenapa kamera whatsapp ngezoom?

Kamera yang alami error dan ngezoom ini pasti benar-benar mengganggu ya. Apa lagi untuk kalian yang intensif memakai whatsaap dan berjualan.

Dengan kamera yang error dan ngezoom ini, foto atau video yang akan dibagikan jadi tidak maksimal.

Sebenarnya ada banyak permasalahan yang memang bisa membuat kamera jadi error dan ngezoom ini. Dimulai dari permasalahan teknis sampai dengan non teknis. Untuk memperjelasnya dapat lihat beberapa point berikut.

  1. Masalah pertama adalah aplikasi whatsapp yang belum terupdate pada versi terbaru. Dengan ini mungkin akan ada beberapa fungsi yang menjadi error.
  2. Sampah atau cache yang menimbun di handphone hingga penyimpanan jadi penuh.
  3. Ada error pada handphone hingga berpengaruh pada kamera whatsapp yang error.
  4. Ada permasalahan pada program whatsapp bisa jadi seperti bug aplikasi dan yang lain.

Itu beberapa permasalahan yang mungkin jadi pemicu kenapa kamera pada aplikasi whatsapp jadi error dan ngezoom sendiri.

Nah sesudah kita cari tahu beberapa yang menjadi penyebabnya, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara menanganinya? Berikut penjelasannya.

Cara mengatasi kamera whatsapp ngezoom sendiri

Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada banyak permasalahan yang dapat mempengaruhi kamera whatsapp jadi error dan ngezoom sendiri. Tetapi kamu tak perlu cemas dan bisa coba trik cara berikut untuk mengatasi error.

  1. Update aplikasi ke versi terbaru. Masalnya update aplikasi ini sering kali terjadi pada banyak pengguna. Umumnya memang mematikan fitur update aplikasi dan lupa untuk memperbaharuinya. Bila demikian kamu dapat pastikan jika aplikasi whatsapp sudah ada di versi terbaru supaya mendapatkan peranan aplikasi yang penuh.
  2. Tutup aplikasi dan buka kembali. Dengan demikian proses aplikasi akan diawali ulang dan bisa jadi fungsi dari aplikasi akan memuat ulang termasuk kamera.
  3. Restart handphone. Tindakakn lakukan restart pada handphone ini terlihat sangat biasa. Tetapi yang pasti restart ini sering membantu saat membuat handphone jadi responsif kembali. Ini karena saat di restart, maka handphone akan memulai ulang semua sistem aplikasi berjalan, termasuk aplikasi whatsapp.
  4. Hapus cache atau penyimpanan aplikasi. Cache ini adalah file residu histori dari aplikasi, tetapi memang tidak dibutuhkan semuanya. Yang ada file cache ini hanya penuhi penyimpanan saja. Kamu bisa coba untuk hapus cache aplikasi whatsapp di handphone, jika error lakukan penghapusan data secara penuh dan login ulang.
  5. Instal ulang whatsapp. Selain bug, error bisa jadi muncul karena sebuah sistem dalam paket aplikasi yang alami kerusakan. Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba untuk menginstal ulang aplikasi whatsapp di handphone kamu.
  6. Reset setelan pabrik pada handphone. Bila cara di atas masih belum berhasil dan dipastikan tidak ada masalah pada aplikasi, kemungkinan yang lain adalah ada di sistem handphone yang dipakai. Kemungkinan kamu dapat mencoba untuk lakukan factory reset pada handphone hingga bisa mengembalikannya handphone baru kembali.

Bagaimana cukup mudah kan? Yang disebutkan di atas adalah beberapa cara yang mungkin dapat kamu coba untuk menangani masalah error pada kamera whatsapp yang ngezoom sendiri.

Sesudah lakukan cara di atas memang tidak ada jaminan jika fungsi kamera akan balik normal. Namun, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu dan membuktikannya sendiri.

Akhir Kata

Nah itu sedikit penjelasan tentang kenapa kamera whatsapp ngezoom sendiri dan cara untuk menyelesaikannya. Bila masih ada yang belum jelas atau ada pertanyaan lain tentang whatsapp bisa tulis di kolom komentar. Mungkin sekian dulu ulasan kali ini. Mudah-mudahan infonya membantu.